Minggu, 26 Juni 2011

Makam I Sawerannu Memperihatinkan


Makam I Sawerannu Memperihatinkan


MAKASSAR (TCN) — Inilah Makam Raja Tallo VII bersama makam Istri Beliau, I Sawerannu. Sawerannu adalah putri asal Toraja yang diperistrikan Raja Tallo VII yang bergelar Macan Bulenga Ri Tallo. Di masa kepemimpinannya, Beliau terkenal sebagai Raja yangg arif dan bijaksana.
Warga TCN, Sulwan Dase yang mengunjungi Makam Raja Tallo VII bersama makam Istri Beliau di kompleks Makam Raja-Raja Tallo di Makassar melaporkan kondisinya saat ini sangat memperihatinkan. Penutup makam sudah rusak sehingga yang ada hanya batu Nisan Beliau saja.
Datang dan lihatlah, betapa memprihatinkannya makam Istri raja Tallo VII dari Toraja yang bernama I SAWERANNU. Seharusnya kita orang Toraja yang hiduo di jaman ini memperdulikan hal ini. Sebab makam Beliau ini adalah satu-satunya situs bukti hubungan kekerarabatan antara orang-orang Gowa dan Toraya.

Kompleks Makam Raja-Raja Tallo dapat menjadi salah satu objek wisata sejarah di Makassar. Namun, selain promosi yang kurang, akses ke lokasi makam perlu mendapat perhatian.
Bagi yang rindu untuk berziarah, silahkan ke Makam Raja_Raja Tallo di Makassar.
Sumber TCN

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar