Senin, 24 Oktober 2011

Disbudpar Tana Toraja: Pentas Seni dan Budaya Akan Jadi Kalender Akademik

Disbudpar Tana Toraja: Pentas Seni dan Budaya Akan Jadi Kalender Akademik

KABAR-TORAJA.COM -- Tana Toraja-- Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Kadisbudpar) Tana Toraja, Lexianus Lintin, menuturkan lomba seni dan budaya yang digelar hari pertama Senin (24/10/2011) di ikuti peserta dari TK dan SD. Kemudian hari berikutnya tingkat SLTP, SLTA, dan Perguruan Tinggi serta masyarakat.
Menurutnya dari data yang diperoleh dari panitia pelaksana, tunjukkan antusias masyarakat cukup baik memeriahkan kegiatan ini. Hanya saja Lexianus belum merinci jumlah peserta karena panitia masih menerima pendaftar lain.
Untuk itu, pentas seni dan budaya bagian dari promosi kearifan lokal akan menjadi kalender akademik setiap tahun, sebab kegiatan Lovely December kedepan akan berlangsung sepanjang tahun, ungkapnya saat ditemui kabar-toraja.com disela-sela keramaian gelar pentas seni dan Kebudayaan.
Selain itu, kata Lexianus, pemerintah daerah juga mengemas kegiatan tahun kunjungan para perantau orang Toraja, agar ramai-ramai pulang kampung termasuk turis mancanegara. Ini termasuk bagian merubah mind set memperingati Natal dan Tahun Baru di Tana Toraja, yang bercirikan budaya dan adat istiadat Toraja.
"Lomba budaya dan seni selain menjadi ajang hiburan dan promosi, diharapkan juga menjadi sumber penghasilan masyarakat," tandasnya.
Makale menggelar Lomba seni dan pesta rakyat. Gelar pentas seni dan budaya ini dilaksanakan selama empat hari, Senin hingga Kamis (24-27 Oktober 2011) bertempat di lapangan basket Makale. 

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar