Senin, 20 Februari 2012

Sebulan Lagi Rutan KPK Siap Pakai

Berita KPK : Sebulan Lagi Rutan KPK Siap Pakai
Posted by humas on 2012/2/20 10:10:44
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah menyiapkan rumah tahanan (rutan) di ruangan bawah tanah gedungnya. Rutan yang akan menampung para tersangka kasus korupsi ini siap digunakan dalam waktu satu bulan ke depan. "KPK sedang membangun rutan di basement gedung. Finishing nya tinggal 80 sampai 90 persen ya. Mungkin kurang dalam sebulan ini sudah bisa dipakai,"kata Kabiro Humas KPK kepada Jurnal Nasional, Minggu (19/2).

Johan menjelaskan, ada lima ruang tahanan yang disiapkan komisinya.Tiap ruangan berukuran 3,1 x 3,5 meter persegi diisi dengan ranjang kayu berisi kasur busa serta lemari. Saat ini ada tiga kamar sel tahanan yang telah selesai dikerjakan.

Masih lanjut Johan, rutan KPK ini termasuk dalam lingkup rutan cabang Salemba. Fasilitas serta sistem keamanaYi di rutan KPK disesuaikan dengan persyaratan yang diatur oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

"Ini adalah rutan cabang Salemba, jadi persyaratan semua harus memenuhi syarat yang ada di Kemenkumham," papar Johan.

KPK akhirnya bisa memiliki cabang rutan sendiri setelah mendapat persetujuan atau izin dari Kemenkumham pada Januari lalu. Cabang rutan ini diharapkan bisa memudahkan kelancaran penyidikan kasus korupsi yang ditangani KPK.

Saat ini beberapa tersangka kasus korupsi belum ditahan oleh KPK. Diantaranya merupakan tersangka "kelas kakap" yakni eks Deputl Gubernur Senior Bank Indonesia (BI), Miranda Swaray Goeltom dan anggota DPR Rl Angelina Sondakh.

Jika keduanya ditahan dalam waktu sebelum ke depan, maka mereka akan tercatat sebagai angkatan pertama penghuni rutan KPK.

Sumber : Jurnal Nasional, 20 Februari 2012

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar