Kamis, 09 Februari 2012

Semua Usulan hasil Musrenbang Pasti Terealisasi

Kamis, 09 Februari 2012

TNO-Makale Utara, Dalam upaya menampung aspirasi masyarakat dan tersusunnya rencana program dan kegiatan pemerintah Kabupaten Tana Toraja tahun 2013 mendatang secara terkoordinasi sesuai dengan mekanisme perencanaan pembangunan daerah maka Pemkab Tana Toraja menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) kecamatan di 19 wilayah kecamatan.

Pelaksanaan Musrenbang kecamatan tahun 2013 tersebut mulai digelar pada tanggal, 1 Februari 2012 dan akan berakhir pada tanggal, 22 Februari 2012.

Hari ini, Kamis 9 Februari 2012, bertempat di Kantor Kecamatan Makale Utara, Kepala Bappeda Kab. Tana Toraja, Ir, Yunus Sirante, MSi, Mewakili Bupati Tana Toraja, membuka Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) kecamatan Makale Utara yang merupakan rangkaian dari kegiatan Musrenbang tingkat kelurahan.

Pembukaan musrenbang tersebut dihadiri oleh Anggota DPRD Kab. Tana Toraja, Bapak Ir. Kristian HP Lambe, MM dan ibu Yosefin Bombing Palamba, Kepala Badan, Dinas, Kantor & Bagian Lingkup Pemkab Tana Toraja, Asisten Faskab PNPM Mandiri Perdesaan Kab. Tana Toraja, Syafaruddin, SP, Camat Makale Utara, Lurah Se Kecamatan Makale Utara, serta tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Kepala Bappeda Tana Toraja, Ir. Yunus Sirante, MSi mengatakan ”Hasil musrenbang kecamatan ini nantinya akan dijadikan sebagai bahan masukkan dalam penyusunan rancangan rencana kerja SKPD yang pada akhirnya akan menjadi rencana kegiatan yang dituangkan dalam rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) Kabupaten Tana Toraja Tahun 2013.

Sementara itu, Camat Makale Utara Ir, Eric Crystal Ranteallo, dalam pengantar musrenbang mengatakan "Dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan, peran aktif antar pelaku pembangunan yaitu masyarakat, swasta dan pemerintah diharapkan dapat seiring sejalan satu tujuan sesuai peran sertanya dalam pembangunan."

Dipenghujung acara ini, anggota DPRD Kab. Tana Toraja, yang senantiasa setia mengikuti setiap musrenbang yang dilaksanakan di dapil 1 hingga selesai (Makale, Makale Selatan dan Makale Utara), Ir. Kristian HP. Lambe, mengatakan bahwa setiap usulan yang disampaikan masyarakat dalam musrenbang ini pasti akan terealisasi.

"Saya berani mengatakan ini karena jika ada usulan masyarakat yang belum terdanai di tahun 2012, akan direalisasikan pada tahun 2013, demikian pula jika masih ada usulan yang tersisa di tahun 2013, maka akan direalisasikan pada tahun berikutnya, demikian seterusnya, sampai usulan habis. Cepat atau lambatnya realisasi program yang diusulkan tergantung dari creativitas camat, lurah dan masyarakat". kata legislatif dari PDS ini.

“Creativitas yang dimaksud adalah pendekatan-pendekatan baik melalui eksekutif maupun legislative.”Tambah Kris.

Sebelum menutup penyampaiannya, Ir. Kristian HP Lambe, MM, menegaskan tentang keberadaan PNPM di Kab. Tana Toraja.

"Jangan dikira bahwa PNPM itu datang dengan sendirinya. Karena PNPM kalau tidak diberi dana pendamping dari APBD, tidak akan bisa turun."Tegasnya.

Musrenbang ini dipimpin langsung oleh Camat Makale Utara Ir. Eric Crystal Ranteallo dan berakhir sampai pukul 18.20 Wita.

Artikel Terkait



1 komentar:

LSM LEKAT mengatakan...

...musrembang dari tahun ke tahun sebagai kumpulan mimpi masyarakat, dan setiap tahunnya harus kecewa, karena yang diminta "roti" yg datang "batu"x anggota dewan, ...ini musrembang atau sosialisasi ...ANGGUR MERAH ...gantix PERKODES?...

Posting Komentar