Sabtu, 03 Desember 2011

Simbol Kebesaran Orang Toraja Tedong Bonga Menghiasi Rujab Gubernur Sulsel

Published On: Sat, Dec 3rd, 2011

Simbol Kebesaran Orang Toraja Tedong Bonga Menghiasi Rujab Gubernur Sulsel

Patung Kerbau Toraja. Foto: Swb
MAKASSAR (TCN) — Ada pemandangan baru di taman halaman Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sulsel di Jalan Sudirman Makassar. Taman sisi selatan yang ditumbuhi rumput hijau dan aneka bunga telah muncul penghuni baru, dua ekor kerbau. Dari tampilan fisik, jelas ini Bonga dan Pudu’ Toraja yang bernilai ratusan juta. Di taman ini, di masa Gubernur sebelumnya hidup sekawanan rusa, namun entah mengapa telah menghilang. Boleh jadi dua ekor kerbau Toraja sebagai pengganti. Walau rupanya hanya patung!
Sayang, tidak mudah mengakses informasi di Rujab yang senantiasa tertutup ini. Untuk mengambil foto, penulis hanya bisa dari luar pagar. Jika melintas di Jalan Jendral Sudirman, dua patung ini akan tampak seperti dua kerbau yang tengah berupaya mengintip dari balik pepohonan.
Dari googling, penulis mendapat informasi bahwa dua patung kerbau ini adalah hadiah dari Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung kepada Gubernur Syahrul Yasin Limpo pada puncak peringatan HUT Tana Toraja ke-764, di Makale, Tana Toraja, Selasa, 15 November silam.
“Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung, memberikan cenderamata berupa sepasang patung kerbau (tedong bonga dan tedong hitam) untuk Syahrul. Pemberian cenderamata itu sebagai bentuk perhatian Pemprov Sulsel akan kemajuan Tana Toraja,” demikian kutipan berita yang juga sempat diposting di situs TCN.
Waktu itu Syahrul mengatakan, wajah Tana Toraja layak menjadi cermin Indonesia. Maklum, wajah Toraja sampai ke pelosok dunia lain karena memiliki budaya luhur yang tidak ada duanya di dunia dan itu menjadi kunjungan wisata.
”Saya melihat Toraja makin maju karena menghadirkan kehidupan yang lebih dengan pemerintahan yang berpihak kepada rakyat,” ungkap Syahrul.
Gubernur Syahrul membuktikan dengan menjadikan dua kerbau toraja, Bonga dan Pudu’ menjadi penunggu taman rumah jabatannya yang asri di pusat kota Metro Makassar.
Salam dari Makassar

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar