Senin, 26 Desember 2011

Situs Lo'ko' Mandu Kabupaten Enrekang Sul-Sel

Situs Lo'ko' Mandu Kabupaten Enrekang Sul-Sel
Oleh : Drs. Hasanuddin, M.Hum dan Tim

Lo'ko Mandu terletak sekitar 500 meter ke arah utara dari Lo'ko Liang yang secara administratif berada di Desa Lembang, Kecamatan Enrekang. Secara astronomis, terletak pada titik S 03º33'41,8" dan E 119º 51'55,8" dengan ketinggian 334 m dpl. Jarak situs ke jalan pengerasan sekitar 50 m dengan melewati pemukiman dan perkebunan yang banyak ditumbuhi pohon jati, jambu mente, bambu, dan semak belukar.Mulut gua menghadap selatan dengan orientasi 180º. Kondisi daratan di pelataran gua agak bergelombang yang banyak ditumbuhi pohon jati, pohon coklat dan semak blukar. Di depan gua yang terlihat adalah perkebunan dan pegunungan. Mulut gua memiliki panjang 740 cm, tinggi 210 cm dengan kedalaman 16 m. Langit-langit gua terlihat agak rata, namun tidak terlihat adanya tetesan air.
Di bagian dalam gua terdapat lantai dari ornamen gua yang jaraknya dari lantai dasar 150 cm. Jarak lantai ini dari panel gua adalah 1 m. Di lantai tersebut terdapat 2 duni dengan kondisi mulai rusak. Duni yang pertama ditemukan berupa wadah tanpa penutup.Duni pertama berbentuk balok dengan ukuran panjang 160 cm, lebar 25 cm dan tinggi 25 cm. Duni yang kedua ditemukan berupa wadah tanpa penutup. Duni tersebut berbentuk balok dengan ukuran panjang 183 cm, lebar 30 cm dan tinggi 30 cm. Di lantai gua tidak ditemukan adanya tulang manusia. Namun di lantai dasar yang terlihat adalah sebaran fragmen tulang ayam dan cangkang kerang.

Sumber : Balai Arkeologi Makassar

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar