Minggu, 03 Februari 2013

Tiga Pasar Tradisional akan Dibangun Di Tator TA 2013

Tiga Pasar Tradisional akan Dibangun
MAKALE--- Pemerintah Kabupaten Tana Toraja akan membangun lagi tiga pasar tradisional tahun ini. Ketiga pasar ini akan dibangun di Kecamatan Mengkendek dan Makale Selatan, dengan total anggaran sekitar Rp1,4 miliar.“Anggaran itu bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tahun 2013,” jelas kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Tana Toraja, Lexianus Lintin.
Pembangunan tiga pasar tradisional ini, kata dia, untuk melengkapi tiga pasar yang sudah dibangun tahun lalu. Pemerintah berupaya mengadakan pasar tradisional di semua kecamatan yang ada di Tana Toraja.
Adapun tiga pasar tradisional yang dibangun tahun lalu, masing-masing pasar tradisional Butang di Kecamatan Mappak, pasar Rantetayo di Kecamatan Rantetayo dan pasar Rembon di Kecamatan Rembon.
“Berdasarkan petunjuk teknis dari pemerintah pusat, kabupaten/kota diperbolehkan membangun pasar tradisional minimal tiga pasar dalam satu tahun,” jelas Lexianus.
Untuk kepentingan pembangunan tiga pasar tradisional, pihak Disprindag Tana Toraja sudah menurunkan tim survei ke lokasi-lokasi yang akan dibangun pasar. Survei tersebut akan disusul dengan perencanaan dan pelelangan pekerjaan kepada pihak ketiga.
“Kita upayakan paling lambat April proses pelelangan sudah selesai dan pembangunan bisa dimulai. Target kita, sebelum akhir tahun, tiga pasar tersebut sudah rampung pembangunannya,” ujar mantan kepala dinas Pariwisata Tana Toraja itu.
Keberadaan pasar tradisional tersebut, ujar Lexianus, akan membantu perekonomian masyarakat dan memperlancar perdagangan barang dan jasa di kecamatan-kecamatan. “Biar jarak tempuh masyarakat tidak terlalu jauh ke kota,” katanya. (rp6/uce/d)

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar