Senin, 03 September 2012

Jero Wacik: TDL Listrik Dipatok Naik 15 Persen

Denpasar Pemerintah akan menaikan tarif dasar listrik (TDL) pada tahun 2013. Kenaikannya diperkirakan berkisar pada angka 15 persen.

"Apabila TDL dinaikkan, relatif tidak berat asal dilakukan bertahap," kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Jero Wacik, usai menghadiri Rapat Pimpinan Propinsi (Rapimprop) Kadin Bali, di Gedung BI Denpasar, Jl Tjokorda Agung Tresna, Senin (3/9/2012). 

Wacik mengatakan rencananya tarif listrik naik sekitar 15 persen akan dilakukan secara bertahap. Misalnya, dalam kurun waktu empat bulan naiknya sekitar empat persen. 

Mengenai rencana kenaikan TDL itu sudah diajukan ke APBN, namun sesuai aturan harus mendapatkan persetujuan dari DPR. Ditambahkan, listrik saat ini harganya sebesar 4 dolar AS. Sementara PLN menjual listrik jauh dari harga yang dibeli. Akibatknya, beban PLN terus membengkak.

Jika beban PLN terlalu besar, maka beban pemerintah pun makin besar. "Kita akan menaikan TDL secara bertahap," ujarnya.

Wacik mengatakan untuk menurunkan subsidi melalui cara pemanfaatan energi terbarukan membutuhkan waktu paling cepat selama dua atau tiga tahun. 

"Oleh karena itulah pilihan dijatuhkan pada menaikkan harga TDL. Sedangkan jika memilih menaikkan bahan bakar minyak (BBM) dikhawatirkan masih ramai sehingga kembali banyak penolakan," ujarnya.

(gds/mok) 

posting : detikNews

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar