Selasa, 26 Juni 2012

Kebakaran di Rantepao, Hanguskan Todi’ Art Shop

RANTEPAO, TCN.com — Kebakaran kembali terjadi di kota Rantepao, Toraja Utara, Minggu (24/6) pagi tadi pukul 07.30 Wita. Kebakaran menghanguskan Todi’ Art Shop, yang terletak di Jalan Pembangunan No. 19, tak jauh dari lapangan Bakti, Rantepao. Tidak ada korban jiwa namun kerugian material diperkirakan cukup besar.
Todi’ Art Shop-Foto HTP

Citizen Reporter TCN, Herson T. Pasuang melaporkan, api yang menghanguskan toko ini terjadi begitu cepat.Belum ada rilis resmi dari pihak berwajib mengenai sebab-sebab kebakaran. Namun, diduga karena di dalamnya terdapat benda-benda dan bahan yg mudah terbakar. Misalnya kain tenun, pakaian khas Toraja, benda2 seni ukiran lainnya serta bahan-bahan tenun.
Pemadam kebakaran yang datan ditempat sekitar 15 menit kemudian tak mampu mengatasi kobaran api yang sangat tinggi dan besar ditambah lagi dgn adanya kendaraan pemadam yg hanya 1 serta lokasi pengisian air yang cukup jauh di Singki’.
Api bari bisa dipadamkan setelah semuanya ludes terbakar.
Kobaran api nyaris saja merembet ke Wisma TEBASS yang berada persis di belakang Toko ini, namun untung masyarakat yang ikut membantu berhasil menghambat rembesan api sehingga tidak meluas.
Sebab-sebab kebakaran belum diketahui pasti. Namun, ada sumber yang mengatakan bahwa api kemungkinan berasal dari ledakan tabung gas 3 kg yang meledak.
Todi’ adalah toko ternama dan terlengkap di Toraja, dan menjadi vaforite para wisatawan karena menyediakan kain tenun dan benda seni khas Toraja yang cukup lengkap. Todi’ juga dikenal sebagai salah satu art shop yang masih eksis mempertahankan seni tenun tradisional Toraja. Todik’ Art Shop memiliki situs internet yang menyediakan layanan belanja online. Bisa diakses di alamat: http://todi.co.id/id/

Kebakaran yang menghanguskan Galeri terbesar di Toraja ini, sudah pasti berdampak bagi perekonomian di Toraja Utara. Turut prihatin.
Laporan: Herson T. Pasuang – Rantepao

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar