Selasa, 19 Juni 2012

Toraja Utara Perlu Sentuhan Teknologi Modern

Editor:KTC02, Reporter: Papa Eva
Bupati Toraja Utara, Frederik Batti Sorring bersama Peneliti dari Menristek, DR. Ophir Sumule. (Senin,18/6/12) Foto:KTC/PE
TNO
-
Toraja Utara- moderen untuk mengolah hasil pertanian agar memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Beberapa potensi pertanian yang membutuhkan sentuhan teknologi adalah Jus Tamarillo, Markisa, dan Manggis jadi kemasan paten agar steril dan tahan untuk dipasarkan.
Seliain itu, ada sekitar 5.000 (lima Ribu) kulit kerbau dipasarkan keluar setiap bulannya, namun bila pabrik kulit ada di Toraja masyarakat akan mendapatkan nilai lebih.
“Karena kulit kerbau dapat diolah menjadi Sepatu, ikat pinggang, tas dan lain-lain” kata Bupati Toraja Utara, Frederik Batti Sorring saat dialog dengan pakar pertanian Unhas dan Menristek di Rantepao, Senin (18/06/2012).
Peneliti dari Kementrian Riset dan Teknologi (Menristek), DR. Ophirtus Sumule mengapresiasi kebutuhan masyarakat Toraja Utara akan sentuhan teknologi.
“Idealnya usulan iptek datangnya dari daerah sehingga perlu konsorsium di Daerah untuk membantu Pemda merancang program sesuai hasil riset dan kebutuhan mendesak” ungkap Ophir yang juga salah satu dewan redaksi kabar-toraja.com.

posting : KABAR-TORAJA.COM

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar